Powered By Blogger

Senin, 16 Mei 2011

Zat Adiktif dan Psikotropika

  • Pengertian Zat Adiktif dan Psikotropika
     Psikotropika adalah zat yang memiliki pengaruh tertentu terhadap tubuh. Zat ini biasanya digunakan dalam bidang kedokteran untuk tujuan tertentu. Dianteranya amfetamin yang digunakan sebagai pengurang depresi dan pengendali nafsu makan. Amfetamin disebut juga dengan shabu-shabu. Psikotropika lain yang banyak di salah gunakan adalah MDMA atau lebih dikenal dengan ectasy.
     Zat adiktif adalah zat yang dapat menyebabkan adiksi (kecanduan) bagi orang yang menggunakannya. Contoh zat adiktif adalah rokok dan alkohol. Zat ini akan bersifat adiksi jika digunakan dengan dosis yang berlebih. Penggunaan yang demikian dinamakan penyalahgunaan obat.
     NAPZA atau singkatan dari Narkotika, psikotropika dan zat adiktif. NAPZA merupakan kelompok obat dan zat yang memberikan efek buruk bagi penggunanya. Narkotika berbeda dengan psikotropika dan zat adiktif. Narkotika adalah zat yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. Zat itu dapat berasal dari tanaman atau pun merupakan hasil sintesis. Zat yang tergolong dalam narkotika antera lain opium, morfin, heroin, ganja, kokain dan metadon. 
  • Rokok dan Dampak Negatifnya
     Rokok mengandung racun seperti Tembakau yang mengandung suatu racun yang disebut nikotin. Hal ini ditunjukkan oleh nama ilmiahnya, yaitu Nicotiana tabacum. Nikotin dapat mempengaruhi saraf dan jantung. Orang yang pertama kali merokok, mungkin akan mabuk, merasa pusing wajahnya pucat, dan berkeringat dingin. Di samping nikotin yang terbawa asap ketika merokok, akan masuk juga ke dalam paru-paru perokok itu tar dan partikel asap. Partikel asap dan tar inilah yang mengganggu tenggorokan sehingga perokok dapat menderita batuk kronis. Penyakit lain yang parah yang dapat ditimbulkan oleh tembakau ialah gangguan pada jantung dan kanker pada mulut, bibir, lidah, dan paru-paru. 
  • Alkohol dan Dampak Negatifnya
      alkohol merupakan racun bagi tubuh kita. Alkohol mempengaruhi saraf, otot, dan pembuluh darah, bahkan lebih jauh lagi mempengaruhi kesadaran seseorang. Oleh karena itulah, orang yang sedang mabuk tidak wajar bicaranya dan juga jalannya sempoyongan. Saraf otaknya di bawah sadar sehingga orang yang mabuk tidak memiliki rasa malu serta melakukan hal-hal yang oleh orang yang sadar tidak akan melakukannya. Jika ia tambah lagi minumnya maka ia tidak sadarkan diri. Oleh karena itu, ada hubungan yang signifikan antara alkohol dan kriminalitas. Terlalu banyak alkohol akan merusak lambung, hati, dan jantung. Jadi minum alkohol itu tidak ada gunanya karena di samping merusak kesehatan juga memungkinkan terjadinya tindak kriminalitas dan juga menghamburkan uang. 
  • Efek Penggunaan NAPZA
     Penggunaan NAPZA dapat menimbulkan gangguan-gangguan pada badan dan jiwa seseorang. Penyalahgunaan zat/obat tersebut akan mengakibatkan perubahanperubahan
pada pikiran, perasaan, tingkah laku, dan fungsi motorik pada otot-otot. Akibat yang timbul pada pemakai narkotika, obat dan zat berbahaya adalah keracunan, kecanduan/ketergantungan, dan kematian.

1.  Keracunan
     Keracunan bisa terjadi karena pemakaian yang melebihi takaran atau pemakaian yang salah. Gejala keracunan yang terjadi pada penyalahgunaan berbeda-beda tergantung pada jenis obat yang dikonsumsi.
     Keracunan heroin ditunjukkan dengan menyempitnya pupil mata, adanya perubahan perasaan yaitu rasa gembira dan hilangnya rasa tertekan, pernapasan menjadi lambat, kram pada saluran pencernaan, susah buang air besar, gerakan badan lambat, adanya rasa mengantuk, bicaranya cadel, tidak dapat memusatkan perhatian, tidak menyadari kenyataan. Bagi yang belum berpengalaman menyalahgunakannya menimbulkan rasa tidak enak atau takut bukan rasa gembira. Pada keracunan yang berat, akan terjadi kematian karena berhentinya pernapasan.
     Gejala keracunan kokain berupa denyut jantung cepat, pupil mata melebar, tekanan darah naik, muntah-muntah, rasa gembira sekali tanpa alasan, banyak berbicara, merasa segar,merasa dirinya hebat.
Keracunan obat terlarang jenis ganja ditandai dengan denyut jantung cepat, gembira tanpa alasan, timbulnya gangguan ingatan jangka pendek, terganggunya daya konsentrasi, reaksi terhadap sinar dan suara menjadi lambat, mulut dan tenggorokan terasa kering dan mata menjadi merah. Pemakaian ganja dalam jumlah banyak membuat orang jadi dungu, gerakannya lambat, tidak menyadari keadaan sekitarnya. Pemakai ganja yang belum berpengalaman akan mengalami perasaan-perasaan seperti takut mati, cemas, gelisah, tertawa tanpa alasan, banyak bicara, mengantuk dan akhirnya tertidur.
     Penggunaan shabu-shabu akan menunjukkan gejala keracunan seperti muka menjadi merah, rasa gembira tanpa alasan, rasa harga diri meningkat, agresif, banyak bicara, denyut jantung cepat, tekanan darah naik, rasa mual dan muntah. Pada keracunan yang berat (dosis tinggi) muka menjadi pucat, berkeringat dingin, kejang-kejang dan kehilangan kesadaran (koma) dan bisa mengakibatkan kematian.

2. Kecanduan
     Penyalahgunaan zat/obat yang terus-menerus bisa mengakibatkan terjadinya toleransi terhadap zat tersebut. Ini berarti bahwa untuk mendapatkan efek zat yang sama, dosisnya harus ditingkatkan terus-menerus. Karena itu peminum makin lama akan semakin kecanduan alkohol.
     Tahap dimana seseorang sudah membutuhkan jumlah zat yang sangatbesar dan menimbulkan keluhan yang berat bila tidak menggunakannya maka dikategorikan sudah mengalami kecanduan. Keluhan atau gejala-gejala yang timbul pada saat penyalahguna menghentikan zat/obat, disebut gangguan putus obat (sindrom abstinensia).
     Saat pecandu heroin jika tidak mendapatkan obat dalam waktu 4 - 6 jam kemudian akan mengatakan bahwa ia merasa sakit dan tampak sangat gelisah, kemudian tertidur nyenyak, waktu bangun ia makin gelisah dan merasa tidak enak badan. Puncak efek kecanduan terjadi sesudah 12 - 16 jam, berupa pengeluaran keringat berlebih, hidung dan mata berair, menguap terus menerus, bersin-bersin, demam, gemetaran, seperti seseorang yang sedang menderita influenza yang berat. Orang tersebut juga mengalami pelebaran pupil mata, merinding, tekanan darah sedikit naik, denyut jantung menjadi cepat, mencret-mencret (diare), tidak bisa tidur. Pecandu merasakan rasa sakit yang luar biasa seperti pada tulang, persendian dan otot. Semua gejala akan sangat menyiksa, sehingga menimbulkan dorongan yang sangat kuat untuk menggunakan kembali obat tersebut.
     Pada seseorang yang kecanduan kokain bila tidak mengkonsumsi kokain biasanya secara fisik tidak begitu kelihatan. Ketergantungan akibat kokain cenderung berupa gangguan mental atau kejiwaan yang kuat sekali. Bila keinginan menggunakan zat/obat tidak segera dipenuhi si pemakai akan menjadi: gugup, gemetar, tak dapat tidur, nafsu makan turun, akhirnya menjadi lemah dan lesu.
     Kecanduan ganja berupa gangguan mental. Gangguan mental yang timbul berupa keinginan yang kuat sekali untuk menggunakan ganja. Bila keinginan ini tidak dipenuhi maka si pemakai akan gelisah, gugup, tidurnya terganggu. Kecanduan shabu-shabu dapat menimbulkan gangguan baik secara fisik maupun mental. Gejala kecanduan yang terjadi berupa rasa mengantuk, murung, tenggorokan kering, lelah dan lesu, keinginan makan yang besar, tidurnya terganggu dengan banyak mimpi-mimpi.
     Kecanduan alkohol menunjukkan gejala ketergantungan mental maupun fisik. Gejala yang timbul ialah: mual, muntah, lesu, denyut jantung cepat, tekanan darah naik, dan akhirnya turun, banyak berkeringat, cemas, mudah tersinggung, kehilangan daya ingatan, halusinasi pendengaran dan penglihatan, dapat juga terjadi kejang-kejang.
     Pada pemakaian alkohol yang terus-menerus serta dalam dosis yang tinggi akan mengakibatkan kepikunan dan akan merusak berbagai organ tubuh seperti lambung, hati, pankreas, jantung, dan lain-lain.
  • Cara Menghindari Penggunaan NAPZA
      Pencegahan terhadap NAPZA dapat berupa pembentukan keluarga harmonis,
penebalan iman, perbaikan lingkungan dan mencari teman dalam pergaulan yang bersih dari narkoba dan zat adiktif. Jangan bergaul dengan teman yang mengkonsumsi obat-obat terlarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar